Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Pesawat Terbang Tidak Menyediakan Parasut Untuk Setiap Penumpang?

Kenapa Pesawat Terbang Tidak Menyediakan Parasut Untuk Setiap Penumpang?

Maraknya berita pesawat jatuh bagaikan berita horor yang menakutkan ditambah lagi musibah pesawat jatuh sudah sering kali terjadi di belahan dunia termasuk di tanah air. Hal ini mengakibatkan duka yang mendalam bagi keluarga korban yang ditinggalkan. Apa lagi pesawat yang jatuh adalah pesawat komersial, karena satu pesawat komersial tidak hanya mengangkut 5-8 penumpang. Namun lebih dari itu, untuk sekali terbang, pesawat komersial bisa mengangkut puluhan hingga ratusan penumpang sehingga jika terkena musibah akan mamakan banyak korban jiwa. Di Indonesia, sepanjang tahun 2020 lalu telah terjadi 7 peristiwa kecelakaan pesawat dan diawal tahun 2021 telah terjadi peristiwa kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang memakan korban sebanyak 62 penumpang.

Awal dari jatuhnya pesawat adalah terjadinya hilang kontak (lost contact) antara pilot dengan menara pengawas hingga berita tersebut berkembang dengan jatuhnya pesawat. Namun dengan berita hilang kontak pesawat dengan menara pengawas sudah bisa ditebak oleh publik bahwa pesawat tersebut pasti mengalami kecelakaan. Jarang sekali atau hampir tidak pernah ketika berita hilang kontak dan akhirnya pesawat selamat dan lepas landas dengan selamat.

Sehingga dengan maraknya peristiwa kecelakaan pesawat membuat sebagian orang berpikir Kenapa penumpang pesawat hanya dilengkapi dengan jaket pelampung? Bagaimana jika masing-masing penumpang juga dilengkapi dengan parasut saat berpergian menggunakan pesawat terbang? Bukankah ini akan menyelamatkan ratusan nyawa penumpang saat terjadi kecelakaan pesawat? 

Maka Pohon Literasi akan mengulas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul tersebut melalui sumber-sumber yang didapatkan. Beberapa alasan pesawat tidak dilengkapi parasut untuk setiap penumpang pesawat diantaranya yaitu:

Terkendala berat parasut

Sebuah parasut memiliki berat antara 5 Kg - 7 Kg sehingga jika sebuah pesawat memiliki 100 penumpang dan setiap penumpang dilengkapi dengan parasut maka berat dari pesawat akan bertambah dan membutuhkan banyak bahan bakar yang dihabiskan berakibat pada banyaknya biaya operasional pesawat hingga harga tiket pesawat akan semakin mahal.

Menggunakan parasut harus mengikuti latihan terlebih dahulu

Tidak mudah menggunakan parasut, karena dalam menggunakannya, parasut harus dibuka pada ketinggian tertentu dan beberapa teknik dipelajari saat terjun bebas di udara. Begitu juga ketinggian untuk terjun bebas juga diperhitungkan karena dibeberapa ketinggian tertentu hanya penerjun yang terlatih dan dilengkapi dengan tabung oksigen yang dapat melakukan terjun pada ketinggian ribuan kaki di udara karena semakin tinggi maka semakin berkurangnya oksigen. Sehingga mustahil untuk melakukan pelatihan terjun bebas dan menggunakan parasut dahulu saat sebelum menaiki pesawat atau didalam pesawat.

Waktu giliran terjun yang perlu diperhitungkan

Ketika terjun menggunakan parasut tidak boleh dengan waktu yang bersamaan karena dikhawatirkan saat membuka parasut akan menjadi terlilit antara satu parasut dengan parasut lain ketika diudara sehingga fungsi dari parasut tidak bekerja dengan baik. Jika pada kondisi pesawat yang rusak diudara dengan desakan antar penumpang dan suasana yang mencekam apakah yakin dapat mengatur waktu untuk terjun ditambahkan jumlah penumpang hingga ratusan orang akan kesulitan dalam mengatur waktu untuk terjun bebas.

Cuaca saat terjun ekstrem

Ketika pesawat mengalami kecelakaan adakalanya di kondisi cuaca yang ekstrem seperti badai petir atau angin kencang maka pada kondisi ini akan sangat berbahaya bagi penumpang yang akan terjun bebas menggunakan parasut sehingga jika penumpang tetap terjun di tengah kondisi tersebut maka beberapa kemungkinan akan terjadi seperti disambar petir dan tubuh mengenai bagian pesawat akibat angin yang kencang.

Maka oleh sebab itu, melengkapi setiap penumpang pesawat dengan parasut termasuk tindakan tidak masuk akal untuk dilengkapi pada setiap penumpang dengan adanya alasan-alasan diatas.


Post a Comment for "Kenapa Pesawat Terbang Tidak Menyediakan Parasut Untuk Setiap Penumpang?"