Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecelakaan Pesawat Komersial Pertama dan Kecelakaan Paling Banyak Memakan Korban Jiwa di Indonesia

Kecelakaan Pesawat Komersial Pertama dan Paling Banyak Memakan Korban Jiwa di Indonesia


Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah deretan panjang daftar kecelakaan pesawat di Indonesia. Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 192 yang dilaporkan membawa 56 penumpang dan 6 awak pesawat mengalami hilang kontak pada hari Sabtu, 9 Januari 2021 dalam perjalanan dari Jakarta menuju Pontianak dan pada akhirnya dilaporkan mengalami musibah kecelakaan di sekitar perairan Kepulauan Seribu.

Pada postingan ini, Pohon Literasi akan membahas awal musibah kecelakaan pesawat komersial pertama kali terjadi di Indonesia dan musibah kecelakaan pesawat terbang yang paling banyak memakan korban jiwa hingga tahun 2020. Dibahas melalui informasi-informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

Kecelakaan pesawat komersial terjadi pertama kali di Indonesia menimpa pesawat Mandala Airlines dengan nomor penerbangan 600. Pesawat buatan Inggris dengan jenis pesawat Vickers Viscount yaitu pesawat yang memiliki dua baling-baling pada sayap kiri dan kanan tersebut telah mengalami kecelakaan pada tanggal 24/7/1992. Ditengah hujan badai, pesawat yang menganggkut 63 penumpang dan 7 awak tersebut menabrak Gunung Lalaboy, Ambon ketika akan mendarat pada Bandar Udara Pattimura, Ambon. Sehingga dari 63 penumpang dan 7 awak tidak dapat terselematkan satupun. Peristiwa ini merupakan musibah kecelakaan pesawat komersial yang menimpa tanah air.

Kecelakaan Pesawat Komersial Pertama di Indonesia
Pesawat Vickers Viscount


Tidak berselang lama 5 tahun kemudian pada tanggal 26 September 1997 terjadi musibah kecelakaan pesawat yang menimpa Pesawat dari Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 152 dengan rute penerbangan Jakarta ke Medan. Pesawat mengangkut 222 penumpang dan 12 awak pesawat dilaporkan jatuh dan akhirnya terbakah di daerah Buah Nabar, Deli Serdang, Sumatera Utara pada jam 13.18 WIB yang seharusnya dijadwalkan tiba di Bandara Polonia Medan pada jam 13.58 WIB. Pesawat dengan Jenis Twinjet yaitu pesawat bermesin ganda dengan nama Airbus 300 tersebut diproduksi oleh Perusahaan Airbus. 

Kecelakaan Pesawat Komersial Paling Banyak Memakan Korban Jiwa di Indonesia
Puing-puing pesawat garuda indonesia GA 152 tahun 1997


Musibah kecelakaan pesawat yang mengangkut 222 penumpang dan 12 awak pesawat tidak ada satupun terselamatkan. Ini merupakan kecelakaan pesawat paling banyak memakan korban jiwa di Indonesia hingga tahun 2020. Kita berharap agar kecelakaan pesawat Sriwijaya Air yang tejadi pada 9/1/2021 adalah kecelakaan pesawat terakhir yang menimpa tanah air semoga tidak terulang kembali kecelakaan-kecelakaan pesawat lain. Karena dengan satu kecelakaan pesawat akan mamakan korban jiwa yang tidak begitu sedikit dan begitu juga menyisakan kesedihan yang mendalam untuk keluarga korban yang di tinggalkan.


Post a Comment for "Kecelakaan Pesawat Komersial Pertama dan Kecelakaan Paling Banyak Memakan Korban Jiwa di Indonesia"