Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Alasan Pesawat Menjadi Transportasi Paling Aman di Dunia

Ini Alasan Pesawat Menjadi Transportasi Paling Aman di Dunia


Tragedi kecelakaan pesawat terbang baru-baru ini membuat sebagian orang mengalami ketakutan untuk menaiki transportasi udara tersebut. Rasa khawatir yang begitu besar datang dan menganggu pikiran setiap orang yang akan berpergian menggunakan transportasi pesawat terbang. Bahkan menganggap bahwa menaiki transportasi udara seperti pesawat terbang lebih berbahaya dibandingkan dengan menaiki transportasi darat atau transportasi laut. Perasaan takut tersebut ditambah lagi dengan kondisi saat menaiki pesawat terbang, penumpang merasa ‘terperangkap’ didalam sebuah benda yang terbang diudara. Sehingga jika terjadi kecelakaan maka penumpang tidak dapat berbuat apa-apa dibandingkan dengan kondisi transportasi darat seperti mobil ataupun transportasi laut seperti kapal yang memiliki pintu keluar atau jendela yang membuat perasaan takut tidak begitu besar karena jika terjadi kecelakaan, beberapa orang berpikir bisa saja menyelamatkan diri melalui pintu atau keluar melalui jendela. Padahal jika terjadi kecelakaan bisa saja dengan waktu yang begitu cepat sehingga kecil kemungkinan untuk menyelamatkan diri 

Menurut beberapa penelitian salah satunya penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan To70 asal Belanda memperkiran tingkat kecelakaan fatal pesawat komersial diseluruh dunia adalah 0,06 per 1 juta penerbangan atau 1 kecelekaan disetiap 16 juta kali penerbangan. Begitu juga laporan dari badan investigasi dan penelitian kecelakaan transportasi nasional yang dikenal dengan nama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bahwa kecelakaan pesawat tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2019.

Penerapan teknologi canggih yang terus dikembangkan untuk memproduksi sebuah pesawat terbang bahkan saat mengemudikan sebuah pesawat seorang pilot dapat beristirahat dengan mengaktikan metode autopilot. Dengan berbagai teknologi canggih tersebut dapat meminimalisir kecelakaan pesawat saat terbang. Untuk menjadi seorang pilot pesawat terbang juga tidak mudah. Seorang calon pilot harus masuk sekolah pilot dan melewati training ketat dan beberapa sertifikasi pilot lainnya. Butuh waktu yang lama untuk mendapatkan sebuah lisensi pilot agar bisa menerbangkan pesawat. Sehingga tidak semudah menjadikan seorang pengemudi kendaraan atau kapal yang tidak perlu masuk sekolah supir terlebih dahulu untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) cukup mengikuti pelatihan mengemudi beberapa bulan dan biaya yang dikeluarkan tidak lebih besar dibandingkan seorang pilot.

Berdasarkan data-data yang telah dijelaskan diatas ada baiknya rasa takut terhadap naik pesawat tidak terlalu berlebihan dalam menyikapinya. Jangan takut naik pesawat ya!


Post a Comment for "Ini Alasan Pesawat Menjadi Transportasi Paling Aman di Dunia"